Desember 5, 2022

Buat Saya, Ganti Sikat Gigi 3 Bulan Sekali Itu Menyiksa

Untuk menjaga kesehatan gigi, sikat gigi dihimbau untuk diganti setiap 3 bulan sekali. Masalahnya, orang yang yang memiliki gigi sensitif seperti saya, himbauan ini terasa menyiksa. Aktivitas menggosok gigi bisa berubah menjadi aktivitas yang menyakitkan begitu menggunakan sikat gigi baru.

Dalam hal penggantian sikat gigi, saya biasanya harus nunggu sikat gigi rusak parah atau ketinggalan di tempat yang jauh sehingga saya gak bisa mengambilnya lagi. Dalam 10 tahun terakhir ini saja, saya baru ganti sikat gigi sebanyak 5 kali. Setelah ganti sikat gigi, saya harus menahan rasa sakit setiap menggosok gigi. Seiring berjalannya waktu, kalau bulu sikat gigi sudah mirip kepala tokoh Guile di Street Fighter, saat itulah saya baru merasakan kenyamanan menggosok gigi.

Dalam memilih sikat gigi, saya sudah mencoba berbagai merk dengan tipe bulu sikat soft atau super soft, dan hasilnya sama. Sama-sama tetap menyakitkan. Bahkan saya pernah coba iseng buat beli sikat gigi anak-anak. Dalam pikiran saya, kalau anak-anak kan masih gigi susu, mungkin sikat giginya lebih lembut lagi. Ternyata pikiran saya salah, sikat gigi anak-anak gak beda jauh dengan orang dewasa, cuma ukurannya lebih kecil.

Dan 2 minggu lalu, saya dipaksa harus ganti sikat gigi karena rusak parah. Bulu-bulunya sampai lepas dari sikat gigi. Akhirnya saya coba browsing-browsing cari tahu, sikat gigi yang paling lembut untuk gigi sensitif. Dan akhirnya ketemu juga, sikat gigi brand dari Swiss dengan ukuran bulu sikatnya 0,08 mm. Setelah saya coba, benar saja gak ada sakit-sakitnya meski ini masih baru. Meski bentuknya agak aneh, lebih mirip sikat gigi anak-anak tapi gak mengurangi kenyamanan sama sekali.

Sekarang saya gak merasakan sakit lagi ketika menggosok gigi dengan sikat gigi baru. Tapi apa sekarang berarti sudah siap 3 bulan sekali ganti sikat gigi? Gak juga, hehe…. Sikat gigi ini harganya 8-10x lebih mahal dari sikat gigi biasa. Jadi, ganti sikat gigi 3 bulan sekali tetap menyiksa, cuma dulu bedanya di gigi sekarang di kantong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.